15.10.16

Pengertian Dan Jenis Software Musik

Jenis Software Musik
Seorang remixer tentunya harus mengetahui jenis-jenis software musik yang di bagi menjadi beberapa bagian.

Musik adalah seni yang di sukai oleh banyak orang dan sampai sekarang dunia musik semakin canggih dan tidak akan pernah mati.

Dan sampai saat ini juga software musik sangat banyak yang keluar ataupun yang berkembang.

Tapi apakah kamu tahu beberapa jenis software musik ini?.

Disini saya akan menjelaskan beberapa software musik dan contohnya berikut dengan fungsinya juga yang harus kamu ketahui apa lagi kamu ingin menjadi seorang remixer atau menjadi produser rekaman.

Pengertian Software Musik atau Virtual Musik

Seperti yang telah di jelaskan di atas software musik ada beberapa bagian. Tapi inti dari pengerian virtual musik adalah musik yang di mainkan secara virtual, tentunya hal ini sangat membantu dan mempunyai kelebihan selain biayaya lebih murah keunggulan dari virtual musik salah satunya adalah suara lebih jernih dan tidak susah cari alat. Kamu bisa memainkan gitar, drum, dan yang lainnya dengan menggunakan Midi atau Keyborad. Dan masih banyak lagi.

Jenis Software Musik

Jenis-jenisnya hingga saat ini yang telah saya ketahui dan pastinya masih banyak lagi yang belum saya ketahaui.

Software Music Production

Software Music Production adalah software yang di ciptakan kusus untuk membuat sebuah musik atau kamu juga bisa memasukan hasil rekaman ke dalam software jenis ini. Biasanya Software Music Production mempunyai banyak instrumen dan tool sangat lengkap, selain itu kamu juga bisa menghubungkannya dengan Hardware lainnya seperti Keyboard Midi, Sound Card, Mixer dan alat pendukung lainnya.

Contoh Software Music Production
  • Fl Studio
  • Sony ACID Music Studio
  • Cakewalk SONAR Platinum
  • n-Track Studio
  • Dan masih banyak lagi

Software Instrumen Music dan Effect Music

Software Instrumen Music adalah untuk menambahkan Instrumen kedalam Software Music Production. Software jenis ini sangat banyak sekali yang bertebaran di internet. Untuk menghubungkannya kamu harus mendownload yang support untuk di gabungkan dengan software lain.

Effect Music adalah untuk menambahkan beberapa efect pada instrumen tersebut kamu juga bisa Effect gitar electrik kamu dengan software. Untuk caranya juga sudah banyak di youtube, kamu harus menghubungkan gitar ke laptop atau ke komputer dulu dan mendownload software efect tersebut yang telah di hubungkan ke Software Music Production.

Software untuk mengubahnya biasa saya gunakan Guitar Rig karena banyak ratusan effect yang bisa di mainkan dan langsung di rekam juga boleh.

Contoh Software Instrumen Music
Contoh Software Effect Music
  • Guitar Rig
  • Extra Boy
  • KR-Delay FS
  • TOKYO DAWN PROXIMITY
  • Dan masih banyak lagi tentunya setiap effect berbeda fungsi ada yang buat Vocal ada yang buat Intrumen.

Mixing Software

Mixing adalah untuk mengatur musik yang di lakukan di tahap akhir seperti mengatur volume pada intrumen drum, gitar, vocal dan lainnya. Kamu juga bisa menambahkan beberapa efect tambahan. Untuk software nya kamu bisa gunakan Software Music Production seperti yang di atas telah saya sebutkan.

Live Mixing biasa digunakan untuk memutar musik yang telah jadi dengan live mixing tentunya harus mempunyai keahlian kusus. Software yang di gunakan umum nya adalah Virtual DJ atau sejenisnya.

Driver Software

Driver Software sangat berguna sekali dia bertugas untuk menghubungkan hardware dengan system operasi yang kalian miliki. Contoh nya kamu ingin mengubungan Keyboard/Midi atau Gitar ke laptop. Tentunya bukan hanya kabel saja yang terhubung. Kamu juga harus menginstal Driver Software yang di sediakan kusus untuk hardware tersebut.

Sejauh ini hanya itu yang saya ketahui, jika ada pertanyaan atau tambahan silahkan kamu bisa kirimkan di kolom komentar agar pembaca lain juga pada tau. Jika kamu ingin lihat jenis-jenis silahkan kunjungi Pasti Pas, disana juga sering update tentang software musik atau audio.